pesat.org
Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Sahabat PESAT Hubungi Kami
 
Language Selection
Switch to English
 
 
Saksikan Video pelayanan Suku Mek
 
 
Info Training
training intensif guru PAUD
 
 
 

 

 
PELATIHAN INTENSIF GURU PAUD;  

Menjawab Kebutuhan PAUD di Pedesaan

 
training intensif Guru PAUD Palembang
Photo: Gustop(c)2014. All rights reserved
 

PALEMBANG - TRAINING INTENSIF GURU PAUD

Bertha (27) seorang ibu rumah tangga asal kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan tergerak mengikuti pelatihan ini karena di tempat tinggalnya, masyarakatnya masih terjebak dalam paradigma pendidikan itu baru dimulai ketika anak masuk sekolah dasar.  Di desanya anak usia dini teramat banyak, namun tak sebanding dengan guru PAUD yang ada. Setelah mengikuti pelatihan ini ia berencana membuka TK di desanya.

Indonesia memang kekurangan guru PAUD, Rata-rata kebutuhan guru per tahun mencapai 132.000 guru jika kita ingin melihat  75% anak usia dini terlayani pada tahun 2015. Belum lagi kita masih terkendala pada kenyataan bahwa masih banyak guru PAUD yang ada belum memiliki standar kompetensi atau tidak memiliki pengetahuan mengajar PAUD yang baik dan benar.

Training Intensif Guru PAUD di Sentra Pelatihan Palembang diadakan kembali pada 25 September sampai 31 Okt 2014, ini adalah pelatihan singkat angkatan ke-4 di wilayah ini. Diikuti oleh  peserta yang adalah utusan dari gereja-gereja yang mempunyai beban untuk membuka PAUD di daerah mereka; di Lampung, Lubuk Linggau, Kab. Oku Baturaja, Kab. Ogan Komering Timur, Banyuasin, Nias, dan Palembang .

Diakui Kepala Sentra Pelatihan Agus Sutopo, MA bahwa peserta kali ini sangat antusias karena kebutuhan mereka akan PAUD di daerahnya. “Saya berharap  para peserta akan bisa berperan aktif membuka PAUD seperti angkatan tahun lalu yang hampir 95 persen telah mendirikan PAUD atau menjadi guru PAUD, dan juga kiranya pengetahuan yang didapat dari lima minggu pelatihan ini dapat diterapkan dengan baik,” harapnya.

Meski diakuinya masih ada sedikit kendala karena agak sulit mencari orang yang mau menjadi guru PAUD di desa-desa ini. “Mereka berpikir buat apa menjadi pengajar PAUD tidak menguntungkan untuk masa depan,” ucap Sutopo datar. Ini memberi pekerjaan tambahan bagi ia dan tim untuk keluar-masuk kabupaten-kabupaten menyosialisasikan program pelatihan  singkat ini, sambil berharap menemukan orang-orang yg mempunyai hati untuk melayani anak-anak usia dini.

Agus Sutopo mengaku sangat bersemangat mengadakan training ini, menjalankan visi PESAT tentang pendidikan anak, katanya. Melalui pelatihan yang digarap oleh banyak pengajar yang merupakan praktisi dan pakar pendidikan usia dini ini, ia berharap bisa memberikan sumbangan dengan mencetak banyak guru-guru PAUD berkompetensi demi membangun PAUD di wilayah Sumatera Selatan dan sekitarnya.

training intensif Guru PAUD
Para peserta mengunjungi rumah peserta pelatihan yang membuka PAUD di desanya Photo: Eka Setia Hulu(c)2014. All rights reserved

 

Hasil riset sebelumnya menemukan bahwa Sistem pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada saat ini masih belum maksimal. Sebagian besar tenaga pendidik PAUD masih belum sesuai kualifikasi. Akibatnya, fokus pembelajaran masih jauh dari standar minimal yang ditetapkan.

Salah satu upaya penting untuk memacu mutu PAUD adalah meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikannya. Dari sekian banyak program yang digulirkan untuk mendongkrak mutu PAUD, salah satu yang termasuk program strategis adalah pendidikan dan pelatihan (diklat) berjenjang bagi para pendidik PAUD, yang termasuk dalam program peningkatan kompetensi.

Di 6 pusat pelatihan PESAT di seluruh Indonesia, program peningkatan kompetensi pendidik PAUD ini diawali dengan Training Intensive Guru TK, yang kemudian akan dilanjutkan (upgrade) dengan Program Diploma 1 dan 2 PGTK, lalu S-1 PAK PGTK & Pembangunan Masyarakat. Program ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD secara cepat dan simultan.

Jenike Joulangau (46), walaupun sempat merasa tidak enak karena bukan lagi gadis belia atau ibu muda, namun ia merasa bahwa selama ini doanya terjawab. Ia sangat membutuhan pengetahuan mengajar PAUD.  "Selama 13 tahun aku bergumul dalam kerinduan untuk membuka PAUD di daerah pelayananku," ucapnya bergetar. (FEBY/TONY)

 

v info training selanjutnya >>

v berita training di daerah lain >>

training intensif guru PAUD

 

 training intensif guru PAUD

 
 
 
 
 
 
 

Photo: Gustop (c)2014. All rights reserved

 
 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.