headerx
Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Sahabat PESAT Hubungi Kami
 
Language Selection
Switch to English
 
 

 

 
SEMINAR KESEHATAN DI DESA  

Cegah Osteoporosis pada Orang Desa

 
 
seminar osteoporosis
 

Matahari masih rendah ketika penduduk dari beberapa dukuh di Kabupaten Semarang menghentikan sementara aktivitas keseharian mereka demi mendapatkan jawaban atas rasa penasaran mereka tentang apa itu osteoporosis, seperti yang tertera dalam undangan pak dokter

"Berjemur pada jam 9 pagi juga efektif untuk mendapatkan kalsium alami bagi tubuh,” dr. Djunaidi memulai. Warga dukuh semakin penasaran, Pak Ter – sapaan akrab dr. Djunaidi – melanjutkan; osteoporosis adalah melemahnya tulang dan bisa menyebabkan patah tulang yang biasanya terjadi pada pergelangan tangan, pinggul, dan tulang belakang.

Sekitar 70 orang yang sebagian telah berusia 60an ini semakin terkejut ketika disebutkan bahwa ciri-cirinya hanyalah kram, nyeri otot, sakit pada tulang, dan sakit punggung.

Pertanyaan pun mengalir bertubi-tubi ketika tanya-jawab dimulai, bagaimana cara mencegahnya? “Pencegahannya adalah menjaga pola makan dan olahraga teratur,” ujar Pak Ter di hadapan warga yang datang dari dukuh Lopait, Ambarawa, Karangjati, Ungaran, dan Purwodadi ini.

seminar osteoporosis

Seorang peserta bertanya apakah susu baik untuk mencegah osteoporosis? “Kadar kalsium dalam susu lebih sedikit dibanding dalam buah dan sayuran,” jawab dokter yang telah melayani di desa selama lebih dari dua dekade ini.

Usai seminar, mereka mengikuti Tes Kepadatan Mineral Tulang (Bone Mineral Density atau BMD). “Seminar ini demi menumbuhkan kesadaran warga agar jangan sampai terjadi baru diobati,” ujar Mantri Ery.

Ery menambahkan klinik PESAT kerap mengadakan seminar kesehatan bagi warga desa, seperti seminar tentang diabetes dan gizi, masalah yang umum terjadi di desa.

Seminar berlangsung 90 menit, kami menyediakan makanan bagi para peserta untuk dimakan sebelum pulang. Menunya antara lain; buncis, telur ayam kampung, dan jeruk. “Menu ini kami siapkan khusus untuk memberi gambaran tentang menu makanan yang tepat untuk mencegah osteoporosis,” kata Mantri Ery.

Klinik PESAT di dukuh Lopait ini kerap menggelar pengobatan gratis, seminar, dan penyuluhan kesehatan seperti jantung dan diabetes bagi masyarakat di desa-desa kecil lainnya. Klinik ini memang bertujuan untuk menjadikan layanan kesehatan bukan barang mewah bagi orang desa, ia adalah garda terdepan untuk menjaga kesehatan masyarakat desa.. (st/ton)

 

 

 
 
 
 
 
 
 

read more about our health service in villages:

 
 
 
 
 
   
   
   
 

 

 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.