headerx
Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Sahabat PESAT Hubungi Kami
 
Language Selection
Switch to English
 
 
 
Info Training
training intensif guru PAUD
 
 
 

 

 

 

 
TRAINING INTENSIF GURU TAMAN KANAK-KANAK  

Arang Juga Bisa Mewarnai

 
 
training intensif guru tk
 

Bukan sekadar mengajar, tetapi mengerti bagaimana mendidik anak. Sebelum mengajari anak-anak, tentunya para pengajar harus lebih dulu dibekali dengan pelatihan.

 

“Para pengajar terpilih harus sungguh-sungguh, mendidik anak tidak boleh main-main. Guru jadi contoh dan perkaya diri dengan pelatihan-pelatihan dan ilmu lain, jangan hanya berbekal mengajar di sekolah minggu”..

Alce membakar semangat para peserta di awal pertemuan dengan menumbuhkan kesadaran bahwa untuk mencetak pemimpin berkarakter baik di masa depan kita harus mempersiapkan generasi itu dari sekarang.

“Kalau tidak disiapkan apa jadinya anak-anak nanti. Bersyukur kita dipercayakan Tuhan untuk mengajar anak-anak, ini adalah suatu tanggung jawab luar biasa yang Tuhan beri,” papar Alce.

Menjadi guru PAUD memang tidak menjanjikan penghasilan yang besar, tapi jangan malu justru harus bangga, sambungnya. Minalce Hehy atau akrab dipanggil Alce adalah salah satu pengajar Training Guru TK yang diselenggarakan PESAT di kabupaten Pontianak. Peserta training kali ini sangat antusias dan semangat mengikuti pelatihan, katanya.

 

Tuhan Bisa Gunakan Siapa Saja

Salah satu perserta kami adalah seorang ibu muda lulusan SD, ia mengikuti suaminya yang seorang misionaris di pedalaman Kalimantan. Di sana ia membuka PAUD karena banyak anak-anak dan tidak ada PAUD. Ia bersikeras untuk bisa mengikuti materi pelatihan pengembangan kurikulum PAUD karena sadar ini sangat penting bagi murid-murid yang ditanganinya. Meski latar belakang pendidikannya sempat membuatnya terseok-seok untuk memahami materi yang diberikan, namun Puji Tuhan ia bisa menyelesaikan training.

Sukacita mengikuti pelatihan juga dialami oleh Yani Iskah (37), seorang ibu gembala gereja, tiga tahun lalu ia membuka PAUD di desa Ladangan. Dimulai dari sekolah minggu kemudian menjadi kelompok bermain hingga menjadi PAUD, ia mengajar anak-anak dengan metode seadanya.

Wawasan dan pengetahuannya bertambah setelah mengikuti pelatihan ini. Materi yang menurutnya penting adalah pengembangan kurikulum dan keterampilan atau kreatifitas PAUD. Selama ini ia hanya mengajarkan seni melipat kertas menjadi perahu saja, di pelatihan ini ia dapat pengetahuan baru berupa melipat topi. “Ada variasi keterampilan, jadi anak-anak tidak bosan,” katanya.

Pelatihan ini sangat bermanfaat baginya, materi yang didapatkan selama sebulan lebih ini bisa berguna untuk memajukan pengetahuan anak dan tentunya para pengajar juga. “Jadi saya dapat dobel bonus dari pelatihan ini. Pertama, untuk memajukan PAUD dan sekolah minggu yang saya layani. Kedua, untuk kemajuan anak-anak dan guru-guru PAUD dan sekolah minggu,” tambah Yani.

Satu-satunya peserta laki-laki bernama Doyok (20) asal Sanggau, seorang lulusan SMK yang saat ini menjadi pengajar TK dan sekolah minggu, ia merasa beruntung bisa mengikuti pelatihan ini karena ilmunya jadi bertambah.. selama ini ia mengajar hanya berdasarkan buku panduan.

Materi yang sangat menarik perhatiannya adalah tentang karakter anak, lalu administrasi PAUD dimana ia belajar cara mengarsip-kan. Sama dengan Yani, ia juga tertarik dengan materi keteram-pilan kreatifitas PAUD. “Selama ini di sekolah, anak-anak mewarnai dengan krayon. Di sini saya diperkenalkan bahwa arang bisa juga untuk mewarnai”. Doyok juga belajar keterampilan lain yaitu memanfaatkan buku atau koran bekas menjadi keranjang.

Pelatihan Intensif Guru PAUD Kalbar diikuti oleh 15 peserta yang terdiri dari 14 perempuan dan 1 laki-laki. Para peserta berasal dari kabupaten Sanggau dan Landak. Peserta datang dari beragam latar belakang, ada yang sedang mengajar PAUD, ada yang baru berencana membuka PAUD, ada yang diutus dari Gereja, ada yang ikut atas keinginan pribadi.

Pelatihan pada 10 Okt – 12 Nop yang dibuat di Pusat Pelatihan PESAT di Kec. Anjongan, Kab. Mempawah, Kalbar ini adalah pelatihan ke 15. (stella)

 

info PAUD >

 

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.