header
Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Sahabat PESAT Hubungi Kami
Language Selection
Switch to English
 
Mentawai sail Siberut
Seberangi Selat Siberut demi Sekolah
 
pbs-sisi
Bisakah Semua Anak Desa Seperti Tuti?
Baca kisahnya >>
 
pbs
PBS: Wujudkan mimpi anak miskin
baca kisahnya >>
 

banyak sekolah di daerah pinggiran yang tidak beroperasi karena tidak ada guru

Stafanus

Anak Terlantar di Wamena - Papua

 

Stefanus Suhunyap, bocah laki-laki Suku Yali yang berjalan kaki dari kampungnya di pegunungan,Yahukimo, selama tiga hari tiga malam untuk datang ke kota. Ia sempat beberapa waktu hidup di jalanan sebelum ditemukan oleh para pembina lalu tinggal di PBS Wamena dan disekolahkan di SD, kini Stefanus duduk di kelas 2 SMP.

 

Melintasi pegunungan tinggi Jayawijaya untuk tiba di Wamena, sebuah lembah di jantung Papua. Disini yang amat mencolok adalah anak-anak asli Papua usia sekolah yang dalam kelompok-kelompok kecil bergerombol di depan pertokoan atau jalan-jalan. Mereka tidak sekolah lagi.

Di Wamena PESAT juga membuka Pondok Bina Siswa (PBS) sejak Februari 2012. Semua anak yang dibina adalah anak-anak terlantar. Tahun 2014 ini ada 11 anak yang tinggal di PBS, dan mereka semua disekolahkan, 9 murid SD, serta 2 anak telah duduk di SMP.

Selain Stefanus, di PBS Wamena ada juga Lani Wakur, bocah 11 tahun yang terlantar karena ayah dan ibunya menderita HIV. Lalu Ray Waga yang kini duduk di kelas 5 SD, ia dibawa tinggal di PBS oleh para pembina karena keluarganya sangat miskin. Begitu pun dengan anak lainnya; kisah mereka hampir serupa. Namun kini mereka bisa kembali menatap masa depan karena kesempatan yang kita berikan.

PBS di 5 lokasi
Pondok yang memberi akomodasi, makanan, bimbingan dan beasiswa pada anak-anak desa yang terancam tidak bisa sekolah ini ada di 5 lokasi yaitu di Sioban – Kep. Mentawai, Pematang Rebah – Riau, Tomohon – Sulawesi Utara, Simbuang – Sulawesi Selatan, dan Wamena – Papua.
Membina 52 murid, terdiri dari 8 murid SD, 20 SMP, dan 25 murid SMA, yang dibina oleh 9 pembina.

 

 
 
 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.