pesat.org
Home Tentang PESAT Kerjasama Dukung Kami Sahabat PESAT Hubungi Kami
Language Selection
Switch to English

 

 

Training Intensif Guru TK/PAUD

tRAINING gURU tk INTENSIVE

Info Pendaftaran Training
     
   

Sibolangit, Medan, Sumut:

pesatsumbagut@gmail.com

     
   

Pontianak, Kalbar:

pesatkalbar@gmail.com

     
   

Salatiga, Jateng:

pesatjawa@gmail.com

     
   

Palembang, Sumsel

pesatsumbagsel@gmail.com

     
 
   

Samarinda, Kaltim

pesatkaltim@gmail.com

     
   

Jayapura, Papua

pesatjayapura@gmail.com

     
   

Tomohon, Sulawesi Utara

sinaga_rens@yahoo.com

     
     
   
 

PESAT menyelenggarakan program pelatihan intensif guru TK/PAUD untuk membantu meningkatkan kompetensi guru dan melahirkan pengajar PAUD berkompetensi.

Sistem pembelajaran Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) yang ada saat ini masih belum maksimal. Sebagian besar tenaga pendidik PAUD masih belum sesuai kualifikasi. Akibatnya, fokus pembelajaran masih jauh dari standar minimal yang ditetapkan.

Salah satu upaya penting untuk memacu mutu PAUD adalah meningkatkan kualitas pendidik dan tenaga kependidikannya.
Dari sekian banyak program yang digulirkan untuk mendongkrak mutu PAUD, salah satu yang termasuk program strategis adalah pendidikan dan pelatihan (diklat) berjenjang bagi para pendidik PAUD, yang termasuk dalam program peningkatan kompetensi.

Di 6 pusat pelatihan PESAT di seluruh Indonesia, program peningkatan kompetensi pendidik PAUD ini diawali dengan Training Intensive Guru TK, yang kemudian akan dilanjutkan (upgrade) dengan Program Diploma 1 dan 2 PGTK, lalu S-1 PAK PGTK & Pembangunan Masyarakat.

Program ini diarahkan untuk meningkatkan kompetensi pendidik PAUD secara cepat dan simultan.

Sepanjang tahun 2013 PESAT telah melatih 85 orang dalam Training Intensif Guru TK/PAUD di 5 wilayah Indonesia. Para peserta training singkat ini adalah para perempuan muda dan ibu rumah tangga. Mereka biasanya para guru yang telah mengajar di PAUD di desa mereka atau masyarakat yang ingin membuka PAUD di desa mereka namun merasa tidak memiliki pengetahuan (mengajar) PAUD yang cukup.

Selain itu juga sejak beberapa tahun terakhir memang gereja-gereja mulai sadar akan pentingnya PAUD lalu mendirikan PAUD sebagai bagian dari program pelayanan gereja, lalu mereka mengirim para calon gurunya untuk mengikuti training intensif ini.

PESAT membuka program training ini di 6 training center-nya di Pontianak (Kalbar), Samarinda (Kaltim), Salatiga (Jateng), Palembang (Sulsel), Kep. Mentawai (Sumbar), dan Jayapura (Papua).
Training ini sangat penting bagi para pengajar PAUD karena sebaik apapun program PAUD tidak akan efektif jika para pengajarnya tidak memiliki pengetahuan PAUD yang baik. Sejak tahun 2005 PESAT telah melatih total 791 orang menjadu guru PAUD.

 
_________________________________________________

Menurut data Pusat Stastistik Pendidikan 2009, Angka Partisipasi Kasar (perbandingan antara jumlah murid pada jenjang pendidikan tertentu dengan penduduk kelompok usia sekolah yang sesuai)/APK PAUD se-Indonesia baru mencapai 56% pada 2010, persentase yang masih amat jauh dari harapan bahwa “pendidikan adalah untuk semua”.

Sementara usaha masyarakat untuk menyediakan layanan pendidikan anak usia dini  terbilang cukup gigih. Hanya masalahnya kita kekurangan guru. Jika ingin mencapai 75% APK Indonesia masih membutuhkan 727.000 guru PAUD lagi.  Rata-rata kebutuhan guru per tahun mencapai 132.000 jika kita ingin melihat 3/4 anak usia dini terlayani pada tahun 2015.

Pusat-pusat Pendidikan & Pelatihan Guru TK PESAT akhirnya melatih banyak perempuan yang lalu menelurkan ratusan guru yang mampu mengembangkan PAUD di desa-desa Indonesia.

 

........................................................................................

v Baca kisah perjalanan lainnya :    
traveller- catatan perjalanan ke lembah baliem   toraja note   Mahakam
         
Traveller Boyolali Highland        

 

 
 
 
 
Copyright © 2008 PESAT. All rights reserved.